Selamat datang di blog bisnis. Anda perlu modal usaha, kami siap membantu.

Kamis, 16 September 2010

Meraih peluang usaha dan menjadikannya besar

Peluang usaha banyak bertebaran di sekeliling kita bila pikiran kita cukup terbuka untuk menerima informasi yang disampaikan oleh indera kita. Usaha apa pun menurut saya, memiliki peluang untuk menjadi besar. Kita bisa memilih dan memfokuskan diri pada salah satu peluang usaha yang cocok untuk diri kita, kemudian menekuni, merawat dan membesarkannya. Seperti kita menanam sebatang pohon yang perlu pemeliharaan agar menjadi besar dan sehat, demikian juga dengan perusahaan yang kita jalankan.

Memang tidak gampang untuk membesarkan usaha mengingat persaingan di dunia usaha saat ini begitu ketat. Kalau kita mau berusaha dengan cara berdagang, misalnya, saat ini sepertinya segala jenis usaha di bidang itu  sudah ada dan banyak yang bakal menjadi pesaing kita. Membuka toko kelontongan, umpamanya, jenis usaha seperti itu sudah banyak bertebaran. Begitu juga bila kita mau membuka jenis usaha di bidang jasa, pendidikan, rental, properti dlsb, selalu kita akan menghadapi pesaing.

Tapi hal ini hendaknya tidak melunturkan semangat kita, tidak membuat kita putus asa yang membuat kita berhenti berusaha. Persaingan selalu ada, baik di dunia usaha maupun kerja. Persaingan harus dipandang sebagai suatu hal yang positip, yang dapat mendorong kita untuk lebih maju.Dan selalu ada cara untuk membesarkan usaha. Mungkin kita harus lebih cerdik dan kreatif. Kalau kita tak bisa memasang harga yang lebih murah, mungkin kita bisa mengusahakan service yang lebih bagus

Dan bila kita meyakini bahwa rizki adalah Tuhan yang mengatur, Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, kita hanya perlu menjalankan usaha dengan rasa terima kasih, iklas menerima segala permasalahan dan tantangan yang timbul dan berani menghadapi apa pun yang terjadi. Namun kita sebagai manusia wajib berusaha mengerahkan segala daya pikiran atau daya cipta, daya juang dan daya tahan kita, dan menolak segala sesuatu yang dapat melemahkan semangat, menimbulkan putus asa yang dapat membuat kita berhenti berusaha.

Selamat berusaha!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar